Tingkat Pemilih Pemilukada di OKI Capai 80,92 Persen

Pasca-Pemilukada

Ilst. Rekap Suara Pemilukada | Dok KS

KAYU AGUNG,KS-Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)  Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) yang berlangsung serentak yakni pemilukada cabup-cawabup dan cagub-cawagub yang berlangsung 06 juni 2013 pekan lalu, mengalami peningkatan, ini terlihat dari persentasi tingkat pemilih di kabupaten OKI yang mencapai 80,92 persen suara.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, peningkatan partisipasi pemilukada ini disebabkan karena di Kabupaten OKI pemilukada diadakan secara serentak. Di lain pihak faktor lain yang meningkatkan angka pemilih di Kabupaten OKI karena saat ini masyarakat di Kabupaten  OKI ternyata sudah banyak mengalami kesadaran akan pentingnya menentukan pemimpin 5 tahun ke depan.

Menurut Reko warga Pedamaran kemarin, jika saat ini ia sengaja pulang kampung karena ingin melihat langsung para calon pemimpin ke depan, karena menurutnya saat ini di Kabupaten OKI secara keseluruhan masih belum unggul jika dibandingkan dengan kabupaten lain.

Ia mengaku sebagai rakyat biasa kami hanya dapat berusaha memilih orang yang dianggap pantas memimpin OKI 5 tahun ke depan, ya, dengan memilih langsung dan tidak golput adalah salah satu partisivasi kami sebagai rakyat,ujarnya.

Jika hal ini sudah kami lakukan, mudah-mudahan ke depan kami tidak merasa bersalah karena sudah memberikan hak suara kepada pemerintah dengan tidak termasuk dalam golongan putih(golput).

Sedangkan menurut warga Pampangan,  Dina kemarin mengatakan, jika ia nyoblos tahun ini karena Pemilukada di OKI berlangsung serentak, jadi sayang jika golput, apalagi ini bukan saja menentukan masa depan Kabupaten OKI, lebih dari itu jika pemilukada tahun ini menentukan Sumatera-Selatan 5 tahun ke depan.

Ia berharap ke depan tidak ada kecurangan dalam hasil pemilukada OKI kemarin, ia juga berharap jika para calon bupati-cawabup dan cagub-cawagub Sumsel siap kalah dan siap menang. Jadi tidak ada rasa khawatir masalah keamanan di OKI ini.

Sementara itu Ketua KPUD OKI melalui Kasubag Hupmas kemarin mengatakan, jika melihat dari tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya suara rakyat pemilukada cabup-cawabup dan cagub-cawagub OKI tahun ini mengalami peningkatan, karena kami sebagai petugas pelaksana Pemilukada OKI hanya menargetkan 75 persen dari jumlah pemilih tetap dan Alhamdulillah Pemiukada kemarin mencapai 80,92 persen suara.

Menurutnya jika melihat hasil rekapitulasi hasil Pemilukada lalu untuk Kabupaten OKI, jumlah  pemilih tetap 527.620  untuk suara sah mencapai 403.853, suara tidak sah mencapai 23.106, suara sah dan tidak sah 426.959, jadi jika di kalkulasikan mencapai 80,92 persen suara pemilih.

Untuk itu pihaknya sangat berterimakasih kepada rakyat khususnya masyarakat Kabupaten OKI dalam berpartisipasi pemilukada tahun 2013 ini, mudah-mudahan ke depan tingkat pemilih Kabupaten OKI akan terus meningkat.

Teks: Emil Hidayat

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *