Normalisasi Sungai Masih Tahap Tender

antara-foto

Ilst, | Antaranews.com

INDRALAYA.-Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir melalui dinas PU Pengairan akan melakukan normalisasi sungai sepanjang 15 kilometer atau dari Sungai Talang Aur Kecamatan Indralaya hingga Muara Dua Kecamatan Pemulutan tahun 2013 ini akan teralisasi. Pasalnya, proyek ini masih dalam tahap tender.

Menurut Kepala Dinas PU Pengairan, Siswanto Soleh, proyek yang akan menelan dana Rp 4 miliar ini akan dilakukan lelang terlebih dahulu, dan selanjutnya akan dilakukan pengerjaan yang akan dilakukan pihak pemenang nantinya.

“Memang normalisasi sungai sepanjang 15 kilometer ini akan dilakukan tahun ini, dan saat ini telah memasuki tahap pelelangan,” ujarnya kemarin.

Dijelaskannya juga, bahwa proyek normalisasi sungai ini telah disepakati antara pihak eksekutif dan legislatif dengan alokasi anggaran Rp4 miliar. “Tujuan normalisasi yang akan kita lakukan ini adalah untuk membantu para petani sawah di sekitar sungai untuk lebih meningkatkan hasil produksinya,” imbuhnya.

Hal ini juga diakui Kepala Unit Layanan Pelelang (ULP), Andi Marbayu menurutnya, saat ini untuk proyek normalisasi baru akan dilakukan pelelangan. “Sekarang baru akan dilakukan termasuk beberapa proyek lainnya. Ya, mudah mudahan dalam waktu dekat sudah ada pemenang dan proyek akan berjalan  termasuk normalisasi sungai,” singkatnya.

Sebelumnya, pihak UPL mencatat hingga pertengahan Mei, setidaknya baru sejumlah paket kegiatan baik fisik maupun konsultan yang berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Ogan Ilir yang telah selesai diproses melalui layanan pengadaan secara elektronik atau menyentuh persentase 15 persen.

Menurutnya, sesuai dengan aturan, setiap paket kegiatan yang masuk dalam proses lelang memiliki minimal anggaran diatas Rp200 juta. Sementara dibawah itu tidak akan dimasukkan dalam proses ULP. “Berhubung untuk proyek normaslisasi diatas Rp200 juta atau senilai Rp4 miliar, maka harus melalui proses lelang,” ungkapnya.

Ia merincikan adapun paket kegiatan yang telah selesai melalui proses lelang dan telah diketahui pemenangnya yakni di Dinas PU CK memiliki sekitar 5 paket kegiatan, Dinas Kesehatan baru 3 paket kegiatan, dan masih berjalan satu paket pada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan.

“Ya, khusus untuk paket kegiatan pada Dinas PU BM saja yang tidak melalui ULP. Mereka sendiri yang mengelolanya melalui pokja, sesuai dengan Perpres 54/2010 dan Perpres 70/2012 tentang pengadaan barang dan jasa,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, Ir H Mawardi Yahya mengatakan, pihak petani tidak usah khawatir lagi dengan air sungai tersebut karena pihaknya menjamin air tersebut cukup baik, khususnya dalam mengairi sawah para petani.

“Untuk dana normalisasi sungai disiapkan sekitar Rp 4 miliar dan akan dikerjakan awal tahun 2013 inilah. Mudah-mudahan normalisasi sungai ini bisa membantu para petani baik dari Talang Aur hingga Muara Dua, khususnya dalam mengairi sawah petani,” singkat Mawardi.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *