Honorer K 1 Kembali Datangi Dewan

Salah-satu-honorer-K-1-terlihat-serius-saat-berdialog-di-Gedung-DPRD-OI

Salah satu honorer K 1 terlihat serius saat berdialog di Gedung DPRD OI | Foto : Dok KS

Inderalaya.KS-Untuk kesekian kalinya, sekitar 161 honorer Kategori 1 (K 1), mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI), untuk mengadukan nasibnya dan meminta kejelasan kepada dewan prihal waktu pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sayangnya, saat para honorer tersebut mendatangi dewan, anggota legeslatif yang nota bene di pilih rakyat  tidak ada di depan. Hanya dua anggota dewan yakni Ketua DPRD OI, Iklim Cahya dan anggota Komisi IV, Eko Agus Sugianto.

Ketua Forum K 1, Kabupaten OI, Teguh mengungkapkan, kembalinya para honorer K 1 ke dewan untuk meminta penjelasan sejauh mana proses berkas honorer K 1 yang sudah ada di BKN Pusat.

“Ya jelas, kita mau tanya, gimana nasib kami yang sudah bertahun-tahun belum diangkat,” ungkapnya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu, dewan, BKD OI dan perwakilan dari K 1 mendatangi BKN Pusat untuk menanyakan masalah tersebut. Meski BKN Regional VII Sumsel sudah menerima berkas, namun keputusan tersebut masih berada di BKN Pusat. “Itu sebabnya kami semua datang ke dewan. Gimana nasib kita,” keluhnya.

Intinya, lanjut Teguh, seluruh KI yang berjumlah 161 orang ini bisa jelas nasibnya. Menurutnya, KI sudah mengabdi dan memiliki persyaratan yang lengkat untuk di angkat menjadi PNS.

“Kami sudah bertahun-tahun mengabdi. Selain itu, syarat kami sudah lengkat dan ada di BKN, jadi tunggu apa lagi. Kami minta dewan bisa memperjuangkan nasib kami,” harapnya.

Sementara itu, Edi Iskandar, dari SDN 6 Pemulutan Selatan menambahkan, dirinya bersama dewan dan BKD OI sempat ikut ke BKN pusat untuk mengetahui kejelasan nasib K 1.

Di BKN Pusat, lanjut Edi, dirinya hanya mendapat penjelasan dari BKN Pusat bahwa proses KI tengah berjalan. Meskipun ada kendala, sedang dikoordinasikan dengan BKD Regional VII Sumsel untuk permasalahan berkas.

“Ya, saya cuma jadi pendengar saja, initinya sedang diproses. Ada kendala teknis dan administrasi, namun sudah diselesaikan dan berkasnya sudah di BKD Regional VII Sumsel. Kami semua berharap, KI dapat secapatnya diangkat,” tuturnya.

Ketua DPRD OI, Iklim Cahya didampingi anggota Komisi IV, Eko Agus Sugianto menanggapi kedatangan para honorer K 1 mengatakan, sejauh ini dewan sudah menindaklanjuti masalah tersebut.

Bahkan, sambungnya, dewan bersama BKD OI dan perwakilan KI sudah mendatangi BKN Pusat untuk meminta penjelasan masalah tersebut.

“Kita sudah tampung aspirasi dan dewan sudah bergerak. Kita juga sempat ke BKN Pusat mendampingi KI untuk meminta penjelasan tersebut,” ujarnya.

Anggota komisi VI, Eko Agus Sugianto menambahkan, pihaknya meminta kepada KI untuk tetap bersabar menunggu hasil dari BKN Pusat.

“Jadi, kalau seluruh persyaratan sudah memenuhi, tinggal menunggu dari BKN Pusat. Kita juga tidak tinggal diam dan terus menanyakan masalah ini ke BKD OI,” singkatnya.

Teks : Junaedi Adbillah

Editor : Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *