Awas, Kebakaran Mengancam

kebakaran

Ilst.

PALEMBANG, KS-Warga Kota Palembang dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaanya, terhadap bahaya kebakaran. Pasalnya saat ini, sudah mulai masuk musim kemarau sehingga sangat rentan terjadinya musibah kebakaran.

“Kasus kebakaran tidak hanya terjadi pada musim kemarau, kadang di musim penghujan juga bisa terjadi. Tapi di musim kemarau, potensinya lebih besar. Karenanya warga kita himbau, untuk lebih waspada dan hati-hati di saat kemarau,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Palembang, Decky Lenggardi ketika dibincangi, Rabu (12/6) di ruang kerjanya.

Decky menyebut, data PBK Kota Palembang sejak Januari sampai awal Juni tercatat sudah ada 40 kasus kebakaran di metropolis. Dari jumlah tersebut,  umumnya hanya kebakaran kecil namun ada juga beberapa kebakaran besar seperi di Beringin Janggut, dan Pasar Cinde beberapa waktu lalu.

Namun jika dibandingkan tahun sebelumnya, kasus kebakaran tahun ini terbilang rendah dan mengalami penurunan. Sepanjang 2012, kasus kebakaran yang terjadi di Palembang sebanyak 120 peristiwa. Meski begitu, PBK tegasnya meminta warga tetap waspada. “Kami selalu stand by, terutama saat kemarau. Jika terjadi kebakaran, warga jangan panik dan hubungi PBK di nomor 113,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, di musim kemarau umumnya yang sering terjadi kebakaran adalah alang-alang, dan rawa-rawa serta lahan kosong lainnya. Hal ini biasanya disebabkan karena puntung rokok, atau berbagai faktor lain yang terkadang tidak diketahui.

Sementara penyebab kebakaran yang sering terjadi di pemukiman, cukup bervariasi, seperti hubungan arus pendek, tabung gas, kompor, dan lilin. “Kami mengingatkan agar masyarakat tidak sembarang menggunakan peralatan listrik. Begitu juga dengan pemakaian kabel, hendaknya tidak menggunakan kabel kecil yang tipis,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *