102 Atlet Panjat Tebing Siap Bertarung

9g7nn2jr

ilst. Anneahira.com

PALEMBANG | KS-Sebanyak 102 atlet panjat tebing yang berasal dari tujuh Provinsi di Indonesia siap bertarung pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing yang diselenggarakan Himpala Bahtera Buana (HBB), Politehnik Negeri Sriwijaya mulai 12-15 Juni nanti.

Dengan hadiah total Rp 15 Juta yang disiapkan panitia pelaksana (Panpel), sejumlah atlet tersebut siap bersaing sengit saling sikut demi menjadi yang terbaik. Menyisihkan ratusan atlet pesaing lainnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumsel, Iwan Kurniawan mengungkapkan, pihaknya menyambut baik terselenggara kompetisi nasional yang diadakan oleh HBB. Even seperti ini dapat menjadi sarana bagi pembinaan atlet khususnya yang masih muda dan berpotensi.

“Pembinaan atlet-atlet panjat tebing Sumsel sendiri memang lebih banyak dimulai dari klub panjat tebing dan Mapala, melalui ajang seperti inilah kita bisa melihat dan memantau sejauh mana perkembangan cabor ini, terutama keberadaan atlet-atlet muda yang akan menjadi andalan Sumsel diberbagai even,” ungkapnya didampingi Ketua Harian FPTI Sumsel, Rizal Priharu Lubis.

Kejuaraan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-14 HBB itu mempertandingkan nomor tunggal yakni boulder dengan empat kelas yang dipertandingkan seperti boulder umum putra dan umum putri, boulder umur dibawah18 tahun dan mahasiswa. Adapun daerah yang ikut meramaikan kejuaraan ini berasal dari Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, Lampung, Bangka Belitung (Babel), Jawa Barat (Jabar), dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Dia melanjutkan, kompetisi ini akan dijadikan oleh FPTI Sumsel sebagai mandatory even yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya, dalam menjaring atlet panjat tebing yang baru. Apalagi pada kejuaraan kali ini diikuti oleh tujuh provinsi, sehingga persaingannya akan lebih ketat.

“Pada kejuaraan kali ini khusus mempertandingakn nomor boulder, namun kedepannya kita akan mengagendakan even yang lebih besar dan berskala internasional, sehingga diharapkan dapat memancing animo peminat panjat tebing Sumsel agar lebih giat berlatih dan mengembangkan kemampuannya,” harapnya.

Dia juga menjelaskan jika program kedepan, pihaknya akan lebih mengedepankan pembinaan atlet lokal dan memberdayakan atlet yang ada, sehingga nantinya Sumsel bisa memiliki stok atlet berlapis di cabor panjat tebing ini.

Sementara Wakil Ketua Bidang Iptek dan Sport Science KONI Sumsel, Iyakrus berharap, FPTI Sumsel bisa lebih sering mengadakan even-even seperti ini mulai dari skala tingkat daerah, nasional hingga internasional. Apalagi kini Sumsel telah memiliki venue panjat tebing terbaik di Indonesia.

“Even-even seperti in harus lebih sering dilakukan, karena melalui ajang seperti inilah dapat meningkatkan prestasi atlet panjat tebing yang ada. Selain itu, kedepana kita berharap kejuaraan yang dilaksanakan lebih besar dan juga lebih banyak nomor pertandingan yang diperlombakan,” katanya.

Ketua Pelaksana Kejurnas, Al Taufiq menjelaskan, dipilihnya nomor boulder pada kejuaraan ini lantaran nomor ini memang jarang dipertandingkan, selain itu di Sumsel baru HBB yang memiliki venue boulder selain FPTI.

“Kita berharap, melalui kejuaraan ini kita bisa melihat sejauh mana antusiasme para pecinta olahraga panjat tebing khususnya nomor boulder di Sumsel khususnya dan Indonesia umunya. Kejuaraan ini sendiri merupakan yang keempat setelah sempat vakum selama dua tahun,” terang Al Taufiq.
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




One thought on “102 Atlet Panjat Tebing Siap Bertarung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *