Wushu Sumsel Bidik Tiga Medali Emas

wushuPALEMBANG | KS-Keberhasilan dua atlet Wushu Sumatera Selatan (Sumsel) memboyong dua medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senior Wushu di Pekanbaru 28-30 Mei lalu, yakni Sasli Rais (emas) dan Herawati (perunggu), kini diharapkan dapat menular ke adik-adik juniornya.

Pewushu Junior Sumsel yang kini giliran mendapat kesempatan bertarung pada Kejurnas Wushu Junior di Jogjakarta, 17-19 Juni mendatang, juga diinginkan meraih kesuksesan. Tak tanggung-tanggul, menyertakan tujuh atlet terbaik, tiga medali emas di jadikan target supaya dapat diboyong pulang.

Pelatih Wushu Sumsel, Ahmad Yani mengungkapkan ketujuh anak asuhnya akan dipercaya mewakili Sumsel di arena pertandingan wushu. Dari tujuh atlet yang akan dikirimkan ke Pulau Jawa tersebut, setidaknya ada tiga nama oncak yang akan ditargetkan membawa pulang tiga emas, yakni Nabila, Sirat dan Kiki.

Sedangkan keempat pewushu lainnya, yakni Robi Alsa, Haikal, Eni Anggraini dan Mufri Latif Sadat, tidak terlalu diberikan beban tinggi. Setidaknya dapat memboyong medali perak ataupun perunggu, sudah dianggap cukup dan berhasil. Mengingat jam terbangnya yang masih cukup minim.

“Target kita lebih hasil senior. Kita targetkan tiga emas atas nama Nabila. Sirait dan Kiki. Untuk nama-nama lainnya ditargetkan perunggu atau perak. Tapi bukan tidak mungkin jika bisa mendapatkan emas,” kata Yani.

Yani menjelaskan, untuk tiga nama yang dia sebut dibebankan mendali emas akan turun di kelas berbeda. Nabila dan Siraj pada kelas thaijiquan thaijijian, sedangkan Kiki di kelas sanshou 48 kg. Dengan mengacu pada prestasi yang telah ditorehkan ketiganya yang sudah tidak diragukan lagi, maka peluang memboyong targetpun dirasa juga cukup besar.

“Kita harap tiga emas diperoleh ketiganya. Ini dari acuan karena mereka sama-sama pernah menjadi juara pada event bertaraf nasional. Jadi sudah teruji,” ungkapnya.

Soal persiapan, Yani mengungkapkan sudah menyiapkannya sejak lama, karena memang menginginkan hasil yang maksimal untuk nama Sumsel bergema pada ajang Wushu nasional. “Persiapan sudah kita lakukan sejak lama. Walaupun tidak ada kejuaraan, kita tetap rutin menjalankan latihan,” terangnya.

Kejurnas ini bukan hanya menjadi ajang lokal, tapi juga menjadi ajang seleksi dikejuaraan dunia. Berhasil mengarahkan atletnya ke ajang Sea games, Yani juga inginkan anak asuhnya mewakili indonesia ke ajang dunia.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin, terutama para atletnya yang akan terus berlatih sebelum kejurnas itu tiba. Kita juga meminta kepada masyarakat untuk selalu mendoakan yang terbaik untukk nama Sumsel sendiri,” tukasnya.

Kelas-Kelas yang Akan Diikuti Ketujuh Atlet Sumsel:

Putra
1. Siraj Raihan Alwi Kelas thaijiquan dan thaijijian
2. Mufri Latif Sadat Kelas gunshu
3. Haikal Kelas Sanshou 48 kg
4. Roby Alsa Kelas sanshou 52 kg

Putri
1. Nabila Kelas thaijiquan dan thaijijian
2. Kiki Kelas sanshou 48 kg
3. Eni Anggraini Kelas sanshou 56 kg

TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *