Rekap Suara Empat Lawang Dipindahkan

*Banyuasin Tetap Digelar di Pangkalan Balai

PALEMBANG, KS-Rekapitulasi suara hasil pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) di Empat Lawang, baik pemilukada bupati-wakil bupati maupun pemilukada gubernur-wakil gubernur,  batal di gelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang di Tebing Tinggi.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, rekapitulasi suara pemilukada Empat Lawang dan Sumsel itu dipindahkan ke kantor KPU Sumsel di Jalan Gubernur HA Bastari, Jakabaring, Rabu (12/6).

Komisioner KPU Sumatera Selatan (Sumsel), Chandra Puspa Mirza, yang dihubungi, Selasa (11/6), membenarkan hal itu. Ia menyebut, rekap suara itu dipindahkan ke provinsi dengan pertimbangan keamanan.

“Disana tidak memungkinkan bagi KPU Empat Lawang, untuk menggelar rapat pleno rekap surat suara. Maka rekap suara dipindah ke KPU Sumsel. Jadi lokasi rekapnya saja yang dipindah, sementara yang merekapnya tetap sama yakni KPU Empat Lawang,” jelas Chandra.

Ditambahkan Chandra, dalam masalah ini KPU Sumsel tidak mengambil alih rekap, tetapi hanya menyediakan tempat. Sementara itu untuk Kabupaten Banyuasin, Chandra mengatakan rekap suara tetap dilakukan di Banyuasin.

“Kita sudah tawarkan agar rekap suara dilakukan di KPU Sumsel, tetapi mereka bilang masih sanggup untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu, menurut KPU Banyuasin, pihaknya juga diminta masyarakat untuk melakukan rekap di disana,” kata Chandra.

Karena mereka masih mampu, maka KPU Sumsel memberikan kesempatan kepada KPU Banyuasin untuk menyelesaikan tugasnya. “Karena yang terpenting bagi kami adalah rekap suara bisa diselesaikan dengan benar dan tepat waktu. Untuk itu dibutuhkan jaminan kemananan, karena bila kondisinya aman, petugas bisa bekerja dengan baik,” jelasnya.

Ditambahkan Chandra, untuk menjaga agar kondisi tetap aman, KPU Sumsel telah meminta bantuan aparat kemanan baik TNI/Polri maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) untuk menjaga keamanan sampai tahapan pemilukada selesai dilaksanakan.

Sementara untuk Prabumulih bebernya, rekap surat suara ditangani oleh KPU Sumsel. Itu dilakukan karena ada dua komisioner KPU Prabumulih, yang mengundurkan diri sehingga mereka tidak bisa menggelar rekap karena tidak qorum.

“Rekap tetap dilaksanakan di Prabumulih, namun kita yang melaksanakannya. Sebab dari lima komisioner di sini, dua diantaranya sudah mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg),” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *