Pasokan Tersendat, Harga Cabe Melambung

sayurMUARA ENIM I KS-Jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1434 H, harga berbagai jenis komoditi mulai mengalami kenaikan. Terutama cabe, harganya melambung tinggi, baik di Pasar Kota Muaraenim maupun di Pasar Baru Bantingan Tanjungenim. Kenaikan ini, karena tersendatnya pasokan cabe ke pasar.

Adapun harga cabe merah keriting mengalami kenaikan menjadi Rp40 ribu per kg dari harga semula Rp25 ribu per kg. Cabe merah besar, dari harga Rp20 ribu per kg, naik menjadi Rp35 ribu per kg. Sedangkan, cabe rawit naik menjadi Rp30 ribu per kg dari harga semula Rp25 ribu per kg.

“Kenaikan cabe telah berlangsung sekitar satu minggu ini, lantaran pasokannya ke pasar tersendat. Sehingga menyebabkan kelangkaan cabe di pasar,” tutur Yulam (45), salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Kota Muaraenim kepada Kabar Sumatera Selasa (11/6) kemarin.

Penyebab tersendatnya pasokan cabe ke pasar, terang Yulam, tidak begitu diketahui oleh para pedagang. Namun, besar kemungkinan karena faktor cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini, sehingga para petani banyak yang mengalami gagal panen. Faktor jelang Ramadhan, juga berpengaruh naiknya harga cabe.

“Besar kemungkinan, harga cabe akan kembali mengalami kenaikan saat menjelang bulan suci Ramadhan mendatang. Karena saat itu, permintaan akan cabe tinggi. Sedangkan, pasokannya terbatas ke pasar,” ucap Yulam.

Senada dituturkan pedagang lain Sapril (38), mengatakan naiknya harga cabe dalam beberapa hari terakhir dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi yang pasti pasokan tersendat menjadi kendala utama naiknya harga cabe di pasar. Selain itu juga, jelang ramadhan juga berpengaruh akan tingginya harga cabe.

“Kita berharap, adanya pengawasan secara ketat dari pemerintah, sehingga tidak ada permainan yang dilakukan oleh pedagang-pedagang besar untuk menimbun cabe. Sehingga, masyarakat dan kita para pedagang kecil tidak dirugikan oleh mereka para pemilik modal besar,” harap Sapril.

Teks : SISWANTO

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *