Partisipasi Pemilih Hanya 63 Persen

surat-suara

Ilst. Surat Suara | net

PALEMBANG, KS-Masyarakat Palembang nampaknya, mulai mengalami kebosanan dengan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada). Setidaknya itu, ditunjukkan dengan semakin rendahnya angka partisipasi pemilih di kota empek-empek ini.

Warga Palembang, yang menggunakan hak konstitusinya sebagai warga negara terus mengalami penurunan. Di pemilukada Sumatera Selatan (Sumsel), yang digelar 6 Juni lalu angka partisipasi pemilih menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, hanya 63 persen.

“Angka partisipasi pemilih ini di pemilukada Sumsel ini turun sekitar empat persen, jika dibandingkan dengan partisipasi pemilih di pemilukada Palembang, April lalu. Di pemilukada Palembang, masyarakat yang menggunakan hak pilihnya mencapai 67 persen,” jelas Eftiyani ketika dibincangi usai rapat pleno rekapitulasi suara pemilukada Sumsel di KPU Palembang, Selasa (11/6).

Walaupun partisipasi pemilih menurun, namun jika dibandingkan kabupaten dan kota lain di Sumsel, angka partisipasi pemilih di Kota Palembang sebutnya termasuk paling tinggi.

Apa penyebab turunnya partisipasi pemilih tersebut ?, Eftiyani tidak bisa memastikannya. Namun kemungkinan menurutnya, itu disebabkan kejenuhan masyarakat sebab jarak antara pemilukada Sumsel dengan pemilukada Palembang hanya selisih satu bulan lebih.

Kemungkinan lain kata dia, disebabkan pemilukada Sumsel itu digelar saat hari libur. Sehingga masyarakat lebih memilih beristirahat, dibandingkan datang ke tempat pemungutan suara. “Kami minta maaf, atas menurunnya partisipasi pemilih ini,” ucapnya.

Sebagai informasi, jumlah mata pilih yang terdaftar dalam mata pilih tetap (DPT) di Palembang pada pemilukada Sumsel mencapai 1,1 juta jiwa. Dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Kota Palembang, ada 716.192 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.  Dari jumlah pemilih yang menggunakan haknya itu, 690.023 suara dinyatakan sah dan 26.169 suara tidak sah.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *