OKI Enam Kali Raih Adipura

adipuraKAYUAGUNG, KSKabupaten  Ogan Komering Ilir (OKI)  kembali memperoleh penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI untuk keenam kalinya.

Piala Adipura tahun 2013 ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup,  Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA dan diterima oleh Wakil Bupati OKI, H. Engga Dewata Zainal, S. Sos pada malam Anugerah Lingkungan di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (10/6/2013) malam.

Piala Adipura adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Di bawah kepemimpinan H. Ishak Mekki, Kabupaten OKI telah menerima Piala Adipura sebanyak enam kali. Empat kali diantaranya secara berturut-turut, yakni tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010.

Tahun 2011, Kayuagung sebagai kota kecil terbersih sempat gagal meraih Adipura. Namun tahun 2012 Kabupaten OKI dapat meraih kembali Piala Adipura dengan predikat kota kecil terbersih di Sumatera dan peringkat tiga secara nasional.   Tahun 2013 ini Piala Adipura kembali dapat  diraih.

Wakil Bupati OKI, H. Engga Dewata Zainal, S. Sos mengatakan, Adipura yang keenam ini merupakan komitmen yang kuat antar pemerintah daerah bersama masyarakat Kabupaten OKI dalam menjaga kebersihan lingkungan, penataan lingkungan, pelestarian pohon dan perilaku hidup sehat dan bersih yang selama ini telah dijaga dengan baik.

“Adipura ini merupakan buah hasil dari kerja keras seluruh masyarakat bersama-sama pemerintah daerah dalam menjaga lingkungan, khususnya petugas kebersihan,” ungkap Engga.

Engga Dewata berharap upaya menjaga kebersihan lingkungan, pelestarian pohon serta tanaman hijau bukan semata-mata hanya untuk mengejar Piala Adipura, tetapi hendaknya menjadi hobi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Terpisah, Bupati OKI, H. Ishak Mekki mengucapkan terimakasih kepada masyarakat OKI yang terus berpartisipasi dan bekerja keras menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan. Ishak juga berharap ke depan, pelestarian lingkungan agar terus diperhatikan. “Sukses meraih Piala Adipura yang keenam kalinya ini, adalah buah dari kesadaran masyarakat untuk hidup bersih. Semoga Piala Adipura yang keenam ini memotivasi kita untuk lebih giat dan serius memperhatikan lingkungan,” kata Ishak Mekki.

 

Teks: Emil Hidayat

Editor: Sarono P Sasmito 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *