Kurikulum Baru Akan Diterapkan di 50 Sekolah Eks RSBI

kurikulum

Ilst.

PALEMBANG |KS-Penerapan kurikulum 2013 mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014. Namun, untuk penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel, Widodo.

Dikatakannya, penerapan kurikulum baru ini akan difokuskan untuk 50 sekolah eks Rintisan Sekolah Berataraf Internasional (RSBI), dan kedepan pihaknya akan berusaha agar kurikulum ini diterapkan di semua sekolah se- Sumsel. “Kami  akan berusaha agar kurikulum ini diterapkan di semua sekolah se- Sumsel,”katanya, Selasa (11/6).

Ia menambahkan, pada dasarnya ada tiga hal yang berbeda antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Perbedaan itu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sistem pembelajaran dan sistem evaluasi (penilaian).

“Kurikulum 2013 menitikberatkan pada pengembangan karakter dan pendidikan moral kepada siswa, karena dianggap seharusnya ada keseimbangan antara kognitif dan efektif anak. Sebab itu, beberapa pelajaran yang mendidik moral seperti PKN, Agama, Penjaskes, dan Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) ditambah jam pelajarannya tiap pekan,”katanya.

Menurut Widodo, kurikulum 2013 akan diterapkan secara bertahap, dimana untuk tahun ajaran 2013-2014 baru akan diterapkan di kelas I dan IV SD, SMP kelas VII, dan SMA kelas X, semuanya sekolah Eks RSBI.

Lanjutnya, dengan berubahnya kurikulum tentu mempengaruhi perubahan buku pengangan yang dimiliki guru atau siswa. Hal ini yang menjadi alasan mengapa penerapan kurikulum ini dilakukan bertahap, agar perubahan kurikulum tidak menyulitkan Wali murid yang anaknya sudah menjadi siswa di sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013.

“Maka dari itu pengadaan bukunya pun dilakukan bertahap, sehingga dana yang kita miliki mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penerapan kurikulum tahun ini,” pungkasnya.

TEKS: AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *