Di Palembang, ESP-WIN Hanya Unggul di 4 Kecamatan

PALEMBANG,KS-Palembang yang selama ini dianggap sebagai basisnya PDI Perjuangan di Sumatera Selatan (Sumsel), ternyata di pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel, Palembang tak lagi merah.

Ini ditunjukkan dari hasil rekapitulasi suara pemilukada Sumsel yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang, Selasa (11/6), pasangan yang diusung PDI Perjuangan yakni Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-Win) harus mengakui keunggulan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki.

Pasangan yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PBB dan PDS itu unggul di 12 kecamatan yakni Alang-Alang Lebar (AAL), Seberang Ulu (SU) II, Ilir Barat (IB) II, SU I, IB I, Ilir Timur (IT) II, Sukarame, Kalidoni, Bukit Kecil 6.847 suara, Gandus , Kertapati dan Sematang Borang

Di AAL, pasangan Alex-Ishak meraih 15.169, SU II 18.038 suara, IB II 12.618 suara, SU I 29.457 suara, IB I 20.391 suara, IT II 26.657 suara, Sukarame 23.775 suara, Kalidoni 16.819 suara, Bukit Kecil , Gandus 13.072 suara, Kertapati 17.648 suara dan Sematang Borang sebanyak 6.877 suara.

Sisanya empat kecamatan di kuasai pasangan ESP-WIN. Di IT I pasangan ini meraih 15.286 suara , Kemuning 13.057 suara, Sako 13.510 suara, dan Plaju sebanyak 14.057 suara.

Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim Nasution dibincangi usai rapat pleno rekapitulasi suara pemilukada Sumsel menyebut, rekapitulasi ini hanya membacakan formulir DA 1 dan lampiran DA 1 dari PPK.

“Mengenai perolehan suara pasangan calon, tidak ada masalah. Semuanya menerima. Memang ada kekeliruan yang kita duga akibat ada yang tidak terdata dengan baik, di tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) sehingga di tingkat kelurahan dan kecamatan jadi kesalahan sehingga di complain saksi pasangan calon,” jelas Karim.

Namun kata Karim, persoalan-persoalan itu akan diselesaikan juga hari ini. Sehingga hasil rekap tersebut, sudah dapat di kirimkan ke KPU Sumsel. “Jika persoalan-persoalan yang di komplain selesai, hari ini juga hasil rekap ini kita kirim ke KPU Sumsel,” tukasnya.

Teks    :Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *