DPRD Sumsel Tuding Ada Calon Bermain

PALEMBANG, KS-Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo sangat menyayangkan terjadinya kisruh pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) di Kabupaten Banyuasin dan Empat Lawang.

Menurut Wasista, memanasnya suhu politik di dua kabupaten tersebut pasca pemilukada sebenarnya suatu yang wajar. Namun harusnya kata Wasista, tidak perlu sampai terjadi bentrokan antar pendukung.

“Jika terjadi kecurangan dan tidak adil, ya serahkan ke KPU RI. Merekalah yang menilai KPU di daerah. Kalau tidak puas dan merasa dirugikan, bisa dilakukan dengan cara menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

MK, inilah masyarakat ini saya lihat kadang ikut campur dalam hal yang belum jelas, lalu dijelas-jelaskan, harusnya kalau ada temuan itu kumpulkan ,”kata wasista, Senin (10/6).

Politisi Partai Golkar ini menuding, kisruh di dua kabupaten itu diduga karena di dorong oleh oknum pasangan calon. Tidak mungkin sebutnya, masyarakat akan bergerak sendiri melakukan hal-hal anarkis jika tidak di dorong oleh pasangan calon yang merasa tidak puas.  “Kalau saya yakin, masyarakat tidak akan terpengaruh kalau tidak didorong calon itu,”sebutnya.

Partai Golkar sendiri bebernya, akan melakukan pembelaan. Partai berlambang pohon beringin itu menurutnya, akan membentuk  tim hukum jika KPU Banyuasin masih bertahan dengan surat keputusan (SK) yang menganulir pasangan Yan Anton Ferdian- SA Supriyono.

“Sebenarnya kita sudah akan membentuk tim hukum, untuk menyikapi putusan KPU Banyuasin. Namun KPU Sumsel sudah menganulirnya, sehingga biarkan persoalan itu diselesaikan dulu ditingkatkan KPU,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Ali A Rasyid menyebut, Komisi I sudah berencana memanggil KPU Sumsel untuk meminta keterangan terkait kisruh pemilukada di Banyuasin dan Empat Lawang.  “Namun kita belum melakukannya, kita masih menunggu mereka bekerja dulu untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” jelas politisi Partai Hanura ini.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *