754 Surat Suara Dimusnakan

Sebanyak-74-surat-suara-dimusnahkan

Lahat | KS-Surat suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Bupati dan Wakil Bupati Lahat dimusnakan secara bersama oleh pihak KPU, Panwaslu, Pengadilan Negeri, Polres, Kesbangpol dan jajaran anggota KPUD Lahat.

Jumlah surat suara yang dimusnakan ini berjumlah 754 surat suara dan dimusnakan di halaman KPUD Lahat, Senin (10/6).

Ketua KPUD Lahat Darsi Elyanto,S.Pd mengatakan, surat suara yang dimusnakan ini jenisnya telah rusak, baik pentintaannya maupun fisik surat suara tersebut yang telah robek atau remuk yang bisa menjadikan polemik di TPS nantinya.

“Ya, semuanya ini kita musnakan karena nantinya takut menjadi polemik tersendiri pada Pemilukada. Untuk itu kita bekerjasama dengan pihak kepolisian, Panwaslu, Kesbangpol, Pengadilan Negeri bersama-sama menyaksikan pemusnahan surat suara ini,” kata Darsi.

Selain itu, Darsi menambahkan, pemusnahan ini dilakukan agar tidak timbul kecurigaan disetiap pasangan calon bupati dan wakil bupati Lahat, seperti yang dilakukan oleh pihak KPU dahulu. “Kami tidak menginginkan adanya polemik atau permasalahan yang berkaitan dengan Pilkada ini,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lahat Drs. Delli K menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur Pemilukada Tahun 2013 ini berjalan sesuai harapan, dan tidak terjadi kejanggalan seperti di daerah lain. Berkaitan dengan surat suara, dirinya mengaku apapun itu kegiatan, semua pihak dapat mendukungnya.

“Kami sebagai pihak pengawas tentunya sangat mendukung pemusnahan surat suara tersebut, sehingga tidak terjadinya kecurigaan yang ditimbulkan oleh pihak calon bupati dan wakil bupati lahat periode 2013-2018,” katanya.

Ditambahkannya, pihak panwaslu selama ini telah bekerja semaksimal mungkin dan berkaitan dengan surat suara yang dimusnakan tersebut panwaslu hanya bisa mendukung semua apa yang telah menjadi kegiatan daripada KPUD Lahat.

Sutar, salah seorang warga mengatakan, dirinya setuju dengan diadakannya pemusnahan tersebut, sehingga semua perolehan suara setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati tidak berkurang ataupun bertambah.

 

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *