Warga Minta PT MME Perbesar Drainase

MUARA ENIM | KS-Warga Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, tepatnya yang berada didepan pintu masuk PT Menambang Muara Enim (PT MME), meminta agar PT MME segera memperbesar drainase atau saluran air, sehingga aliran air hujan tidak meluap ke jalinsum dan pemukiman penduduk disekitar lokasi.

“Kita meminta kepada PT MME untuk segera menanggulangi permasalahan tersebut. Salah satunya memperbesar saluran air (drainase). Sehingga, saat musim hujan tidak terjadi genangan air yang bercampur lumpur yang menggenangi jalan dan rumah warga,” tutur Tukiman (57), salah seorang warga sekitar, Minggu (9/6).

Belum lama ini, kata dia, warung lesehan milik salah seorang warga amblas. Tak hanya itu, tanah yang berada di halaman rumah juga mengalami retak dan terbelah. Peristiwa ini, terjadi karena  drainase saluran air yang dibuat PT MME telalu kecil. Sehingga, air hujan yang berasal dari PT MME meluap dan meluber ke pemukiman penduduk yang ada disekitarnya.

“Kita berharap PT MME peka terhadap permasalahan ini. karena jika dibiarkan bisa membahayakan keselamatan warga. Serta merugikan warga disekitarnya, lantaran peristiwa tersebut,” ucapnya.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaraenim Liono Basuki yang akrab disapa Kiki mengatakan,  pihaknya turut prihatin atas kejadian yang menimpa salah seorang warga Desa Darmo yang lesehan rumahnya amblas.

Pihaknya berharap kepada PT MME untuk peduli terhadap lingkungan disekitarnya. Terlebih lagi terdapat lesehan rumah warga yang amblas, tanah di pinggir ruas jalan ikut retak-retak   sepanjang beberapa meter. Bahkan, jika tidak segera ada perbaikan akan mengancam rumah warga yang berada dipinggiran sungai enim.

“PT MME Jangan hanya mau mengeruk kekayaan alam saja, tetapi tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kita berharap PT MME mau bertanggung jawab atas kerugian yang menimpa warga tersebut,” ungkap Kiki.

Teks     : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *