Distribusi Raskin Dipercepat

PALEMBANG, KS-Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan (Sumsel), berencana mempercepat distribusi raskin.  Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Irwan Destra, kemarin.

Rencananya kata Destar, raskin itu akan di distribusikan oleh Bulog pada Juli dan Agustus mendatang. Percepatan distribusi raskini dinilainya sangat tepat, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

“Memang ada rencana distribusi raskin dipercepat, namun bisa saja raskin dibagikan secara rapel. Yakni dari 15 kilogram (kg) menjadi 30 kg untuk setiap rumah tangga sasaran (RTS),” sebut Destra.

Hanya saja sambungnya, distribusi raskin ini di lapangan masih ada kendala yang dihadapi terutama dalam masalah proses administrasi. Distribusi raskin di Meki lalu saja bebernya, masih ada administrasi yang belum diselesaikan.

Hal itu menurutnya disebabkan, masih lambannya masyarakat menyetorkan pembayaran raskin ke kelurahan. Oleh karena ia menghimbau, pihak kelurahan diminta aktif menyelesaikan persoalan tersebut.

Iwan menjelaskan, sistem penyaluran raskin sejak 2011 lalu langsung diserahkan oleh Bulog ke kelurahan. Dengan demikian, jika pihak kelurahan sudah mempunyai dana yang dikumpulkan dari masyarakat, sebaiknya dana itu langsung di transfer ke rekening Bulog. “Sehingga raskin, bisa langsung di distribukan oleh Bulog ke kelurahan tersebut,” ujarnya.

“Dari pantauan kami, ada juga kelurahan yang menggunakan jasa pihak ketiga untuk membantu pembayaran awal ke Bulog. Selanjutnya, masyarakat tinggal bayar ke pihak ketiga tersebut,”sambungnya.

Pola itu menurut Irwan, tidak masalah. Begitu juga apabila jatah raskin 15 kg, dibagi dengan beberapa warga. Itu artinya, warga memang tidak mempunyai biaya karena keterbatasan ekonomi.

“Cara-cara itu suatu yang wajar, karena memang mereka tidak mampu. Misalnya, satu jatah raskin bisa Rp24.000 per 15 kg, biaya nya bisa dikurangi dengan mengajak warga lainnya berbagi,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *