Bupati Lahat : Kami Berencana Bangun Rumah Untuk Anak Jalanan

greenyazzahra.wordpress.com--

greenyazzahra.wordpress.com

Lahat / KS-Kabupaten Lahat tentunya tidak asing lagi dengan adanya anak jalanan atau anjal yang berprofesi mulai dari pengamen jalanan, pengemis sampai ke anak punk yang kerap ditemukan diseputaran Kota Lahat.

Bupati Lahat H.Saifudin Aswari Riva’i, SE,  kepada wartawan Kabar Sumatera mengatakan, pada tahun 2014 mendatang pihaknya akan berusaha membangun sebuah rumah dan sekolah khusus untuk anak jalanan.

“Ya, makin lama anjal semakin banyak. Untuk itu, tahun depan rencana kita akan bangun rumah khusu buar mereka (anjal –red), “ ungkapkannya, Minggu (9/6).

Dirinya mengakui, Lahat banyak anak jalanan yang setiap harinya selalu berjalan mengelilingi Kota Lahat dan mengamen di berbagai tempat. Ironisnya lagi, ada juga anjal suruhan dijadikan sebagai seorang pengemis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Memang ada kalanya ketika kita melihat mereka, rasanya hati ini ingin menangis, dengan inilah kami sebagai pemerintah akan berusaha memperbaiki ini semua dengan membangun sebuah rumah dan sekolah anjal yang insya allah akan kita usahakan tahun 2014 pembangunanya akan dimulai sehingga anjal di kabupaten Lahat mulai berkurang,” ungkap Wari sapaan Aswari.

Dilanjutkannya, pemerintah terus berjuang bagaimana caranya anjal di Bbumi Seganti Setungguan ini berkurang bahkan habis sama sekali. “Hal ini tentunya harapan kita agar kota lahat bersih nyaman dari segala hal yang bersipat apapun,” katanya.

Sementara itu, salah satu anjal yang namanya enggan disebutkan mengatakan,  dirinya melakukan semua ini karena terpaksa, selain tidak ada tempat berlindung pada waktu malam, dirinya beserta rombongan anjal lainnya terpaksa tidur di emperan setiap malam.

“Semua ini kami lakukan karena kami ini tidak mempunyai apa-apa sehingga kami terpaksa tidur diemperan, kami harapkan pemerintah dapat memberikan perhatiannya bagi kami sehingga kehidupan kami ini kedepannya dapat etrjamin dan hidup layak seperti masyarakat lainnya,” cetus seorang anjal.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol-PP), Lahat Amir mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat melakukan rahazia khusus anjal, karena dalam hal ini pol-pp belum mendapatkan petunjuk dari Bupati untuk melakukan Rahazia. “Kita akan melakukan rhazia bagi anjal jika telah mendapatkan surat dari bupati, dan sejauh ini kita belum melakukan rahazia karena belum mendapatkan petunjuk sama sekali dari bupati.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah




One thought on “Bupati Lahat : Kami Berencana Bangun Rumah Untuk Anak Jalanan

  1. Bahan Bangunan Material Rumah

    Beberapa produk material pada saat ini yang banyak digunakan dan di kenal masyarakat, diantaranya adalah bata merah, batako dan bata ringan. Produk bata merah dan bata ringan umumnya digunakan untuk masyarakat menengah atas.

    Sedangkan produk batako banyak digunakan untuk bisa di jangkau segala lapisan masyarakat. Walaupun sekarang terdapat material dinding produksi import, namun ketiga produk material dinding diatas tersebut, paling banyak digunakan dalam pembangunan dan pekerjaan konstruksi di masyarakat.

    Sesuai dengan target akhir penelitian, Lusicon (Lumpur Sidoarjo Conbloc) diharapkan mampu menjadi alternatif material dinding yang berbeda pada segmen menengah keatas, bersama dengan batamerah dan bata ringan. Hal tersebut dikarenakan Lusicon direncanakan untuk memiliki karakteristik dan kinerja yang mampu bersaing pada segmen tersebut.

    Hasil penelitian dan pengembangan Lusicon yang di lakukan antara PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Dengan ITS Surabaya tersebut pada saat ini menunjukan hasil yang optimal dan sudah mencapai tahapan akhir penelitian.

    Perbandingan performa (kuat tekan dan berat volume) antara Lusicon dengan produk bata ringan yaang ada dipasaran telah dilaksanakan dan hasilnya cukup memuaskan. Dari grafik perbandingan antara Lusicon dengan produk bata ringan komersial yang dilakukan di Laboratorium Beton ITS menunjukkan bahwa performa Lusicon sendiri setara (mampu bersaing) dengan bata ringan yang berkualitas bagus.

    Saat ini banyak masyarakat yang masih memilih material dinding untuk rumah menggunakan bata merah. Kebanyakan dari masyarakat tersebut menganggap bahwa performa bata merah lebih baik dari bata ringan, yaitu lebih dingin dan awet.

    Dengan keadaan yang demikian maka Lusicon mampu melakukan penetrasi pasar material dinding sebagai alternatif utama pengganti produk bata merah, karena secara fisik Lusicon warna kecoklatan yang menyerupai bata merah. Hal tersebut terjadi karena sekitar 80% Lusicon adalah Lumpur Sidoarjo yang dibakar.

    Apabila mellihat dari sistem pemasangannya maka bata ringan dan Lusicon dapat lebih cepat dari pada bata merah. Dengan pemasangan yang lebih cepat maka akan sangat mempengaruhi efisiensi biaya. Untuk lebih detailnya, berikut kami sampaikan tabel perbandingan antara bata merah, bata ringan dan Lusicon.

    Dengan informasi yang kami sampaikan, maka diharapkan masyarakat mempunyai beberapa alternatif produk material dinding dan dapat memilih dengan bijak, sesuai kebutuhan dan aplikasinya.

    Sumber
    http://www.sementigaroda.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *