Babi Hutan Rusak Tanaman Kacang Petani

MUARA ENIM | KS-Petani kacang tanah di kawasan Banko Barat, Desa Tanjung Raja, Kecamatan Kota Muaraenim, Kabupaten Muaraenim mengeluhkan keberadaan kawanan babi hutan yang merusak tanaman kacang tanah milik mereka.

Kawanan babi hutan, merupakan musuh utama para petani dalam membudidayakan kacang tanah.

“Kita akui kawanan babi hutan adalah musuh utama kita dalam bertani kacang panjang. Setiap hari, kacang tanah yang kita tanam diobrak-abrik oleh kawanan babi hutan,”  ujar Burniat (45), salah seorang petani kacang tanah dikawasan tersebut Minggu, (9/6).

Menurutnya, puluhan kawanan babi hutan biasa turun merusak ladang kacang tanah para petani pada malam hari. Oleh karena itulah, para petani selalu berjaga-jaga saat malam hari untuk menghalau agar babi hutan tidak memasuki kawasan kebun kacang tanah mereka.

“Kita sudah berupaya semaksimal mungkin, agar kawanan babi hutan tidak masuk ke perkebunan kita diantaranya dengan memasang pagar. Tapi, kita kewalahan, karena lama kelamaan mereka bisa mendobrak pagar kita buat,” terang Burniat.

Selain merusak tanaman kacang tanah, tambah Burniat, kawanan babi hutan juga merusak tanaman lainnya seperti jagung, semangka dan cabe. Akibatnya, kata dia, hasil panen yang mereka peroleh sedikit mengalami kerugian.

“Sekarang ini, terpaksa kita harus berjaga-jaga setiap malam. Agar setiap kawanan babi hutan memasuki perkarangan kebun langsung bisa dihalau, sehingga tidak bisa merusak kebun kacang tanah kita,” pungkas Burniat.

Hal senada juga diungkapkan petani lainnya Asbah (44). Menurutnya, akhir-akhir ini kawanan babi hutan sering merusak tanaman kacang tanah para petani. Akibatnya, hasil panen sedikit dan mengalami kerugian.

“Kita sedikit merasa kewalahan karena kawanan babi hutan sering masuk kebun kacang tanah kita. Sebenarnyo berbagai upaya telah kita lakukan supaya segerombolan babi hutan itu tidak masuk ke kebun lagi. Tapi, masih tidak berhasil,” ucap Asbah.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *