Alex Ajak Kandidat Lain Bertemu

alex

Alex Noerdin

PALEMBANG, KS-Pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin-Ishak Mekki, hasil perhitungan cepat (quick count) menempatkan mereka unggul perolehan suara jika dibandingkan dengan pasangan lain.

Walaupun belum ada putusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, siapa pasangan terpilih namun Cagub Sumsel, H Alex Noerdin mengajak pasangan calon lainnya untuk melupakan persaingan yang terjadi selama pemilukada Sumsel digelar.

Ia kata Alex, mengajak semua kandidat untuk bertemu dan duduk satu meja guna membahas dan bekerjasama mengisi pembangunan di Bumi Sriwijaya ini kedepannya.

“Memang kemarin, kita sempat berbeda pendapat. Namun sekarang itu, tidak perlu lagi. Karenanya saya merencanakan pertemuan dengan semua pasangan calon lainnya,” kata Alex, kemarin di RS Siloam Sriwijaya, Palembang.

Kapan waktunya ?, Alex belum bisa menentukan. “Mungkin hari ini, mungkin juga besok. Yang pasti, kita harus bersama menggulung lengan baju untuk bekerjasama membangun Sumsel. Dalam suatu kompetisi, pasti ada persaingan dan gesekan. Namun itu, harus kita lupakan untuk Sumsel lebih maju kedepannya,” ajaknya.

Saat ditanya program 10 hari kedepan, jika ditetapkan menjadi pasangan terpilih ?, menurutnya, terlepas sekarang atau nanti itu tidak ada bedanya. “Itu tidak ada perbedaan, apa yang sudah dilakukan sekarang itu terus kita kerjakan dan kejar karena semuanya memang berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya, “ujarnya.

Sebagai informasi,  Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Sumsel sampai saat ini belum mengeluarkan keputusan siapa pasangan terpilih dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel,  6 Juni lalu karena rekapitulasi suara masih dilakukan di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Namun hasil quick count (perhitungan cepat), yang dilakukan beberapa lembaga survey menempatkan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki, unggul dibandingkan tiga pasangan lainnya.

Hasil quick count Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), pasangan Alex-Ishak mendapat dukungan 35,03 persen, Derma 33,24 persen, ESP-Win 17,44 persen dan Iskandar-Hafisz 14,31persen.

Sementara quick count Indobarometer, Alex-Ishak 35,56 persen, Derma 33,11 persen, ESP-Win 19,71 persen dan Iskandar-Hafisz 11,62 persen. Hasil tak jauh berbeda juga ditunjukkan dari cuick count Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC).

Pasangan nomor urut 4 unggul dengan 36,26 persen, diikuti pasangan nomor urut 3 dengan dukungan 33,18 persen, kemudian pasangan nomor urut 1 sebanyak 19,69 persen dan pasangan nomor urut 2 sebanyak 10,87 persen.

Quick count Lembaga Survey Indonesia (LSI) Sumsel, juga menunjukkan hasil tak jauh berbeda. Pasangan Alex-Ishak unggul 35,03 persen, Derma 33,24 persen, ESP-Win 17,44 persen dan Iskandar-Hafisz 16,31 persen.

Sementara quick count Jaringan Survey Nasional (JSN), menempatkan pasangan Herman Deru-Maphilinda (Derm) sebagai pemenang. Pasangan Derma unggul dengan 35,15 persen, kemudian pasangan Alex-Ishak dengan 34,95 persen, ESP-Win 18,99 persen dan pasangan Iskandar-Hafisz 11,01 persen. Artinya pasangan Derma unggul 0,20 persen dibandingkan pasangan Alex-Ishak.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *