25 Sekolah Terapkan Sistem Online

PALEMBANG | KS-Warga Kota Palembang, yang hendak mendaftarkan anaknya sekolah di sekolah negeri di kota empek-empek ini tidak perlu lagi repot-repot harus datang ke sekolah yang dituju.

Karena menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Reza Fahlevi, ada 25 sekolah yang membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui sistem online.

Pendaftarannya dibuka mulai 23 sampai 30 Juni mendatang.  “PPDB online ini diikuti 25 sekolah yang berstatus negeri dengan rincian 16 SMP, lima SMA dan empat SMK,” kata Reza ketika dibincangi, Jumat (7/6) di ruang kerjanya.

Menurut Reza, PDSB sistem online ini sudah dilaksanakan dalam dua tahun terakhir. Memang sebutnya,  masih banyak kekurangan yang terus diperbaiki. Namun jelasnya, dengan sistem ini orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan tidak perlu repot, bolak-balik ke sekolah.

Selain itu, dengan PPDB online mencegah kecurangan dalam proses penerimaan murid baru di sekolah-sekolah tujuan, karena akan terlihat pelajar yang layak masuk ke sekolah negeri.“Dengan sistem pendaftaran secara online, juga mencegah adanya oknum calo pada saat PPDB serta adanya calon siswa titipan,” ujarnya.

Reza mengatakan, untuk kelancaran proses PPDB online, seluruh SMP, SMA dan SMK negeri di Kota Palembang sudah dilengkapi fasilitas online bekerjasama dengan PT Telkom.

Proses PPDB secara online ini, hanya berlaku bagi calon siswa yang sekolah di Kota Palembang. Sedangkan calon siswa yang berasal dari luar Kota Palembang, tetap mendaftar secara langsung ke sekolah yang dituju dengan cara mengisi formulir secara online yang disediakan oleh pihak sekolah. “Kami tetap akan mementingkan pelajar di Kota Palembang, yang akan melanjutkan ke sekolah yang lebih unggul,” tukasnya.

Teks      : Aminuddin

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *