Eddy Gagal Pertahankan Palembang

PALEMBANG, KS – Diluar prakiraan, pasangan Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-Win) tidak berhasil menguasai Palembang. Hasil perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survey, pasangan nomor urut 1 ini harus mengakui keunggulan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki.

Hasil perhitungan cepat (quick count) Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menunjukkan, pasangan incumbent Alex Noerdin-Ishak Mekki unggul dengan 40,82 persen. Sementara pasangan ESP-Win, meraih 28, 11 persen.

Sementara pasangan Herman Deru-Maphilinda (Derma) di Palembang meraih 21,21 persen. Sedangkan pasangan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir meraih 9,86 persen.  Hasil tak jauh berbeda juga didapatkan dari perhitungan cepat, yang dilakukan Jaringan Survey Nasional (JSN). Pasangan Alex-Ishak bersaing ketat dengan pasangan ESP dalam perebutan suara di Palembang.

Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid menyebut kekalahan ESP-Win di kandangnya tersebut memang diluar prakiraan. Sebab Kota Palembang, diprakirakan menjadi basis suara bagi pasangan ESP-Win.

“Namun hasilnya, menunjukkan beda. Sebenarnya secara populeritas dan elektabilitas, Eddy sangat baik di Palembang.  Kekalahan ESP-Win di Palembang ini, disebabkan faktor wakilnya yang bukan penyumbang suara. Wiwiet Tatung, secara populeritas belum banyak dikenal masyarakat sehingga ini mempengaruhi elektabilitas pasangan ESP-Win,” jelas Husin dibincangi, Kamis (6/6) saat dibincangi disela-sela perhitungan cepat yang dilakukan Puskaptis di Hotel Grand Zuri, Palembang.

Ada dua cawagub jelas Husin, yang bisa dikatagorikan penyumbang suara bagi pasangannya yakni Hafisz Tohir dan Maphilinda Syahrial Oesman. Hafisz dikatakan dia, cukup menyumbang suara signifikan begitu juga dengan Maphilinda.

“Sementara pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki , secara populeritas dan elektabilitas cukup baik. Inilah yang menyebabkan, pasangan Alex-Ishak bisa unggul di Palembang,” ungkapnya.

Unggul di TPS Masing-Masing

Sementara itu, tiga cagub Sumsel berhasil unggul di TPS masing-masing. Di TPS 01, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, misalnya. Di TPS yang menjadi tempat bagi Cagub Eddy Santana Putra beserta keluarga menggunakan hak suaranya itu, pasangan Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-Win), unggul dibandingkan pasangan lainnya.

Di TPS 03 Bukit Kecil, yang menjadi TPS nya Alex Noerdin, pasangan Alex-Ishak unggul mutlak.  Begitu juga di TPS 04 Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang, Ogan Kemring Ulu (OKU) Timur yang menjadi TPS nya Cagub Herman Deru bersama keluarga menggunakan hak pilihnya. Sementara Cagub Iskandar Hasan, tidak bisa memilih karena terdaftar bertempat tinggal di Jakarta.

Pantauan Kabar Sumatera, Kamis (6/6), di TPS Di TPS 01, Kelurahan 26 Ilir, dari 308 mata pilih dengan rincian 148 mata pilih laki-laki dan 160 mata pilih perempuan, hanya 217 mata pilih yang gunakan hak suara.

Di TPS tersebut, pasangan ESP-Win bersaing ketat dengan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki dengan perolehan suara ESP-Win sedangkan Alex-Ishak kemudian diikuti pasangan Herman Deru-Maphilnda dan pasangan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir.

Di TPS ini, ESP-Win meraup 110 suara. Kemudian diikuti pasangan Alex-Ishak dengan 69 suara lalu pasangan Herman Deru-Maphilinda (Derm) sebanyak 27 suara dan pasangan Iskandar-Hafisz 5 suara serta 6 suara tidak sah.

Di TPS nya Alex, pasangan incumbent Alex-Ishak unggul dengan 155 suara, diikuti pasangan ESP-Win 44 suara, Iskandar-Hafisz 26 suara dan Derma 14 suara. Sementara di TPS  04 Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang, pasangan Derma unggul mutlak dengan 352 suara, ESP-Win 3 suara, Iskandar-Hafisz 4 suara dan Alex-Ishak memperoleh 1 suara.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *