STIE Dipercaya Jadi Asisten PPL Panwaslu Lahat

Lahat | KS-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Kabupaten Lahat mempercayai mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) – Serelo Lahat untuk menjadi asisten Pengawas Pemilu  Lapangan (PPL) di setiap kelurahan maupun desa yang ada di Kecamatan Lahat.

Dari pantauan Kabar Sumatera, Jumlah seluruh PPL yang ada di kecamatan Lahat hanya 35 orang, sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 179. Hal inilah yang tidak memungkinkan kalau  dalam waktu satu hari PPL mengkoordinir TPS secara maksimal. Karenanya,  secara administratif, pihak Panwaslu selanjutnya menjalin kerjasama dengan mahasiswa STIE Serelo Lahat agar bisa membantu eksisnya pemilukada Gubernur dan Bupati  tanggal 6 Juni mendatang.

Ketua panwaslu lahat Drs. Delly K, mengatakan, sebelumnya pihak panwaslu menghimbau kepada setiap PPL untuk mencari asistennya sendiri, akan tetapi dengan jangka waktu sangat pendek. tentunya hal tersebut susah dilakukan,sehingga panwaslu mengambil kesimpulan asisten PPL diambil dari setiap mahasiswa STIE Serelo Lahat.

“Dalam jangka waktu 3 hari lagi kami dengan seluruh jajaran akan berusaha mengawasi seluruh TPS yang ada, agar tidak terjadinya kecurangan di setiap TPS. Jika semua beban ini dilakukan oleh setiap PPL, itu tidak mungkin, karena satu PPL itu ada yang mengkoordinir 20 TPS yang ada.  Makanya kami melakukan tindakan yang secara kolektif agar dalam waktu sedikit ini, pemilu nanti dapat berjalan sukses tidak ada kejanggalan yang timbul baik dari mulainya pemungutan suara sampai ke penghitungan suara nanti,” kata Delly.

Dikatakannya juga, semua yang dilakukan ini tidak lain untuk menjaga keamanan dan keadilan serta kejujuran pada saat pemilu nanti sehingga apapun itu hasilnya, itu adalah hasil yang akurat bukan fiktif belaka.

Terpisah Ketua STIE-Serelo Lahat Rudi Eduar,SH,MM kepada Kabar Sumatera mengatakan, dirinya beserta jajaran pengurus STIE merasa bangga karena mahasiswanya dapat dipercaya untuk turut berpartisipasi menyukseskan pemilu 6 juni mendatang.

“Tentunya semua ini adalah kebanggaan dimana panwaslu langsung menunjuk sekolah kita dan kita pun langsung respon menulis seluruh mahasiswa yang akan terlibat nanti, dan apapun yang kita lakukan ini semoga dapat menjadikan pemilu yang aman, tentram, adil, merata, dan tidak ada kejanggalan sedikitpun,” bebernya.

Teks/ Foto  : Jumra Zefri

Editor : Mustaqiem Eska




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *