Pasar 16 Lumpuh //Total Kerugian 70 Milyar per Hari

kbakaran-jaya-raya-(2)

Situasi Pasar 16 Ilir Pasca Kebakaran (4/6/2013) | Foto: Bagus KS

PALEMBANG I KS-Pasca terjadinya pembakaran dan penyerangan toko Jaya Raya Elektronik oleh sekelompok orang yang tidak dikenal kemarin siang sekitar pukul 12.45 Wib. Sebagian besar pertokoan di kawasan pusat perdagangan Jalan Jenderal Sudirman yang biasanya setiap hari padat pengunjung yang melakukan berbagai transaksi jual beli pun lumpuh total.

Pengamat ekonomi Universitas Sriwijaya, Yan Sulistyo mengatakan, total kerugian akibat lumpuhnya transaksi keuangan dan pasar yang tutup selama kejadian tersebut mencapai 70 Milyar “Kejadian tersebut berimbas terhadap perekonomian Palembang, kalau ini terus berlanjut bukan tidak mungkin perekonomian di Palembang juga akan lumpuh,”terangnya.

Dikatakannya, hal seperti ini tidak seharusnya terjadi dan dirinya berharap kepada pihak kepolisian untuk memberikan pengaman yang ketat kalau kejadian ini terus berlanjut perekonomian palembang akan Jatuh dan investor engan masuk ke Palembang. “ Kalau hal ini terus terjadi jangan harap investor akan masuk ke Palembang,”jelasnya.

Sementara itu, Lian salah seorang pemilik Toko disekitar tempat kejadian mengaku, lebih memilih untuk menutup tokonya sampai benar-benar aman “Kita terpaksa harus menutup toko kita pak karena takut kejadian yang menimpa Jaya Raya ini akan menjalar ke Toko kita ,”cetusnya.

Selain itu, dirinya mengaku takut ada oknum yang memanfaatkan kejadian ini dengan melakukan penjarahan di Toko-toko yang ada disekitar kejadian sehingga sebagian besar pemilik toko lebih memilih untuk tutup. “ Kalau kerugian jangan ditanyakan lagi pak yang jelas akibat kejadian ini aktifitas jual beli lumpuh total, dan yang jelas semua toko yang ada disini pasti merugi,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan, Irjen Polisi Saud Usman Nasution mengatakan, pihaknya akan mendalami kasus terbakarnya toko elektronik tersebut guna mengetahui masalah sebenarnya.

Kapolda menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, termasuk jumlah kerugian belum bisa diketahui, karena masih dalam pendataan dan penyelidikan aparat. Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tenang, karena kondisi keamanan tetap kondusif.

 

TEKS       : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *