DPT Pemilukada Sumsel Final

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), menjamin jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel, tidak akan berubah lagi.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis, Herlambang menyebut, DPT pemilukada Sumsel itu sudah final. Memang kata Herlambang sebelumnya, ada perbaikan DPT. Dalam perbaikan itu, ada penambahan mata pilih sebanyak  5.312 pemilih.

Sehingga mata pilih yang terdaftar di DPT menjadi 5.820.453 pemilih. “Mata pilih ini rinciannya 2.943.795 berjenis kelamin laki-laki dan 2.881.970 perempuan, dengan jumlah 16.579 TPS yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Sumsel,” jelas Herlambang ketika dibincangi, Selasa (4/5).

Herlambang menjelaskan, ada beberapa kabupaten dan kota di Sumsel yang mengalami penambahan mata pilih setelah dilakukan klarifikasi di lapangan. Di Palembang misalnya sebut dia, ada penambahan pemilih sekitar 2.700 di lembaga pemasyarakatan yang ada karena sebelumnya tidak dimasukkan dalam DPT.

Bagaimana warga, yang belum terdaftar dalam DPT. Apakah tidak bisa memilih ?, Herlambang menyebut memang DPT tidak bisa berubah. Namun bukan berarti masyarakat yang tidak terdaftar tidak bisa memilih.

“Mereka tetap bisa memilih, dengan cara menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK). Namun mereka hanya bisa memilih, sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP tersebut,” bebernya.

Sebagai informasi, pemilukada Sumsel diikuti oleh empat pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub). Ke empat pasangan itu yakni pasangan nomor urut 1, Eddy Santana Putra-Anisja Djuita Supriyanto alias Wiwiet Tatung (ESP-WIN).  Pasangan ini diusung PDI Perjuangan, Partai Barisan Nasional (Barnas), PKPB dan PNI Marhenis.

Kemudian pasangan nomor urut 2, Iskandar Hasan-Hafisz Tohir yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bintang Reformasi (PBR).

Lalu pasangan nomor urut 3, Herman Deru-Maphilinda Boer (DerMa). Pasangan ini diusung Partai Gerinra, Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sekitar 20 partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Sumsel.  Terakhir, pasangan incumbent yakni pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki. Pasangan ini diusung Partai Golkar, Demokrat, PBB dan PDS.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *