Renovasi Monpera Habiskan Rp1 M

monperaPALEMBANG, KS-Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), yang berdiri di Jalan Merdeka menjadi salah satu landmark Kota Palembang. Rencananya Monpera akan di renovasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang.

Dana yang dianggarkan untuk merenovasi monpera ini, terbilang fantastis yakni mencapai Rp1 miliar. Menurut Kepala Disbudpar Kota Palembang, M Thabrani, renovasi itu akan memakan waktu cukup kurang lebih tiga bulan lamanya.

“Monpera ini, aset daerah yang harus di jaga. Karenanya harus kita jaga dengan baik, sehingga renovasinya perlu kita lakukan dengan maksimal,” kata Thabrani saat dibincangi di Balai Kota, Senin (3/6).

Ia memastikan, setelah di renovasi maka Monpera akan lebih cantik tampilannya. Dirincikan dia, perbaikan meliputi semua ruangan yang ada di Monpera. Misalnya dinding, yang dipercantik dengan cat yang menarik.

“Setiap ruangan disana, juga akan dipercantik namun tidak menghilangkan keasilannya. Misalnya selama ini ada barang koleksi di Monpera yang dipajang tanpa pembatas, kedepan akan kita berikan pembatas menggunakan kaca,” bebernya.

Selama renovasi menurut Thabrani, semua koleksi benda-benda bersejarah di Monpera akan dipindahkan ke Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Disbudpar Kota Palembang.

Ditanya soal adanya pembiaran atau tidak terawatnya berbagai koleksi benda bersejarah di Monpera ?, Thabrani membantahnya. Ia menyebut, benda-benda itu bukan tidak terawat namun ada sebagian benda yang sudah lama sehingga terlihat usang.

“Dulu waktu ada kunjungan wali kota pada peringatan Hari Pahlawan, wali kota sudah menginstruksikan untuk dilakukan renovasi terhadap aset daerah ini. Jadi kalau dikatakan tidak terawat, itu tidak benar,” tukasnya.

Sebagai informasi, Monpera sendiri adalah monumen yang dibangun untuk mengenang pertempuran lima hari lima malam yang terjadi pada 1 Januari 1947. Pertempuran ini melibatkan seluruh rakyat Palembang melawan pasukan Belanda.

Di lokasi basis pertempuran itulah, didirikan Monpera. Peletakan batu pertamanya dan pemancangan tiang bangunan, dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1975 dan diresmikan pada tanggal 23 Februari 1988 oleh Menko Kesra, Alamsyah Ratu Perwira Negara.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *