Bronjong Amblas, Tanah Terancam Longsor

MUARA ENIM | KS-Tanah yang berada dipinggir sungai di Desa Karang Raja, Kecamatan Kota Muaraenim, Kabupaten Muaraenim tepatnya di dekat Jembatan Enim Tiga terancam longsor. Lantaran, bronjong penahan longsor telah amblas tergerus air hujan.

“Jika terus dibiarkan, tanah yang berada tepat didekat Jembatan Enim Tiga bisa longsor. Bahkan bisa mempengaruhi daya tahan atau kekuatan Jembatan Enim Tiga,” tutur Radiansyah (43), salah seorang warga Desa Karang Raja kepada koran ini, kemarin (3/6).

Amblasnya bronjong penahan longsor tersebut, kata dia, terjadi baru beberapa bulan terakhir, sejak masuk musim penghujan karena sungai sering mengalami pasang, sehingga tergerus air hujan.

“Kita berharap kepada Pemkab Muara Enim melalui pihak terkait, dapat kembali memasang bronjong yang amblas tersebut. Sehingga tidak mengganggu kekokohan Jembatan Enim Tiga,” harap Radiansyah.

Senada dituturkan warga lain Herwin (41), mengatakan memang bronjong yang berada di sekitar Jembatan Enim Tiga telah amblas, sehingga membahayakan warga yang melintas dan daya tahan jembatan, karena setiap saat bisa terjadi longsor.

“Sebaiknya pihak terkait segera melakukan perbaikan, sehingga tidak memakan korban jiwa dan mengganggu aktifitas warga yang hendak melintas disekitar jembatan yakni menuju ke kebun mereka,” harap Herwin.

Teks     : Siswanto

Editor : Mustaqiem Eska




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *