Empat Pencuri Depot Kayu Diringkus

empat-pencuri

Empat Pencuri Depot diamankan Polisi | Foto : Oscar

PALEMBANG, KS – Gasak daun pintu di depot kayu yang berada di Jalan Safta Marga, Kecamatan Kalidon, Kamis (16/5) pukul 00:00 WIB lalu, Ando (24), Bobi (18), Joko (22), dan Musa (22), diringkus Tim Buru Sergap (Buser) Polsekta Kalidoni Palembang.

Sebelumnya polisi terlebih dahulu menciduk Ando, saat ia sedang berada dirumah neneknya di kawasan Sukarame, dari keterangan Ando, ia melakukan aksi pencurian berasama ketiga rekannya.

Dari nyanyian Ando, polisi juga meringkus Bobi, Joko, dan Musa (22), Ketiga merupakan warga Jalan Tanjung Api-api, Perumahan Tri Darma, Blok D6, Kecamatan Sukarami Palembang itu, saat ditangkap ketika pelaku sedang berada dirumah masing-masing, untuk mempertanggung jawankan perbuatannya, keempat pelaku langsung digelandang ke Mapolsekta Kalidoni.

Dari keterangan yang diberikan keempat pelaku, mereka mengakui, aksi mencuri daun pintu yang terletak di depot kayu sudah empat kali mereka lakukand alam periode satu bulan terakhir.

Adapun empat depot yang sudah mereka curi terdapat di beberapa wilayah yang ada di Palembang. Total, dari keempat depot tersebut, sudah 30 lebih daun pintu yang mereka curi.

Saat menjalankan aksinya, keempat pria ini datang ke lokasi dengan mengendarai mobil milik paman Ando. Sebelumnya, Ando sudah mencari lokasi terlebih dahulu dengan memantau di siang hari sambil mengendarai motor. Begitu ada lokasi yang dinilai pantas, Ando lalu menghubungi tiga temannya untuk menjalankan aksi.

“Kami selalu beraksi di atas jam 00.00. Dua diantara kami bertugas mengangkat pintu, dua lainnya mengawasi di dalam mobil,” kata Ando.

Rupanya, daun-daun pintu yang dicuri oleh Ando dan teman-teman sudah ada pemesannya. Jika tidak ada yang mesan, Ando dan teman-teman mengaku tak akan beraksi. Harga yang dijual pun bervariasi, tergantung dari jenis kayu yang digunakan untuk membuat suatu daun pintu. “Bisa Rp 200 ribu, bisa juga Rp 500 ribuan. Hasilnya kami bagi rata,” kata Ando, yang masih memiliki hubungan keluarga dengan Bobi.

Sebelum berhasil dibekuk polisi, Ando mengaku, ia dan ketiga temannya sudah berhasil mendapatkan uang mencapai Rp 7 juta dari penjualan daun pintu yang mereka curi. Hasil curian mereka juga ada yang belum berhasil terjual, yakni sebanyak 17 daun pintu. Kini, 17 daun pintu itu sudah diamankan di Mapolsekta Kalidoni.

Kapolsekta Kalidoni, AKP Tri Sumarsih, membenarkan telah menangkap keempat pelaku pencurian daun pintu. Bersama dengan 17 daun pintu yang sudah dicuri beserta mobil yang digunakan saat beraksi, keempat pelaku kini sudah diamankan di Polsekta Kalidoni.

“Kami sudah banyak dapat laporan hilangnya belasan daun pintu. Begitu kami telusuri, keempat pria inilah pelakunya yang sering beraksi di Palembang,” kata Tri.

 

Teks/foto  : Oscar Ryzal

Editor        : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *