Penerima PKH Menurun

pkhhPALEMBANG, KS- Dinas Sosial Kota Palembang mencatat, penerima program keluarga harapan (PKH) tahun 2013 menurun dari tahun lalu yakni dari 14.886 rumah tangga sangat miskin (RTSM) menjadi 13.807 RTSM. Hal ini diketahui dari hasil final closing statement yang dilaporkan para pendamping PKH.

“Terus terjadi pengurangan setiap triwulannya. Adapun datanya adalah 13.807 RTSM, ini merupakan data untuk tahap pertama di tahun 2013,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Bantuan dan Jaminan pada Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang, Bambang Kusnadi saat dibincangi di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Ia menyebut, menurunnya penerima program ini disebabkan faktor situasional. Penyebab utamanya, karena ada RTSM yang sudah tidak sesuai dengan kriteria PKH. Karena PKH, merupakan bantuan langsung bersyarat yang memberikan kriteria tertentu bagi penerimannya.

“Seperti ibu hamil atau menyusui atau mempunyai balita, ada juga ibu yang mempunyai anak usia sekolah. Kalau misalnya anaknya sudah lulus sekolah, tentu bukan masuk kriteria ini sehingga ada pembaruan data,” bebernya.

Berdasarkan data Dinsos sambungnya, tercatat dari 13.807 RTSM pada tahap pertama di tahun 2013 yang menerima program PKH. Rinciannya jumlah ibu hamil sebanyak 415 orang, balita 8.418, dan usia sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 6.433 anak.

Namun data tersebut kata Bambang, bisa saja berubah kedepannya. Sebab  Pemutakhiran data selalu dilakukan di setiap triwulannya. “Dengan adanya pengurangan jumlah RTSM, dipastikan nilai bantuan yang diberikan Kementerian Sosial juga menurun, meski tidak terlalu signifikan yakni dari Rp4,1 miliar menjadi Rp4,147 miliar. Namun, hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, masih menunggu mengiriman dana dari pusat melalui PT Pos Indonesia,” ungkapnya.

“Jadwal semula di bulan April, tapi hingga hari ini kami masih menunggu dana tersebut dikirimkan melalui kantor pos,”tukasnya

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com