Proses Scanning LJK UN SMP, Baru Selesai 60 Persen

ljk-un

Ilustrasi LJ Ujian Nasional | Foto : Dok KS

PALEMBANG|KS – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel), dibuat kesulitan untuk mempercepat proses scanning lembar jawaban komputer (LJK) Ujian Nasional UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Pasalnya menurut Ketua Panitia UN Sumsel 2013, Bonny Safrian, LJK tersebut sangat tipis. Sehingga panitia hati-hati ketika melakukan scanning, sebab rentan sobek.

“Sudah lebih dari 100 LJK, yang sobek saat hendak di scanning. Ini yang menyulitkan kita, untuk mempercepat proses scanning,” jelas Bonny ketika dibincangi, Jumat (10/5) di ruang kerjanya.

Proses scanning sendiri kata Bonny, sudah dilakukan sejak Senin (22/4) malam. Namun hingga satu pekan scanning dilakukan, target 100 persen rampung tidak tercapai. “Hingga saat ini proses scanning baru rampung 60 persen. Tipisnya LJK, yang menyulitkan kami,” keluhnya.

Lambannya proses scanning tersebut sebut Bonny, saat tim melakukan pemindaian LJK yang robek. Proses itu memakan waktu lama, karena harus dilakukan dengan hati-hati.

Padahal lanjut Bonny pihaknya, menggunakan enam mesin ops scan untuk men-scanning LJK. Mesin itu terdiri dari empat mesin ops scan dan dua scan image. “Kami juga sudah mendatangkan tambahan tiga mesin scan image dari OKU, OKU Timur dan Prabumulih untuk mempercepat proses scanning. Dengan tambahan tiga mesin itu, kami yakin bisa menyelesaikan proses scanning tepat waktu,” ujarnya.

Selain mempercepat proses scanning, penambahan tiga mesin scan image itu lanjut Bonny, dilakukan untuk mengantisipasi tipisnya LJK tahun ini. Pihaknya tak mau berspekulasi, menggunakan scan ops yang ada karena sering terjadi kemacetan. “Pengerjaan pun kita push sejak pagi, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dini hari,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, dari hasil scanning untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia hingga saat ini baru mencapai 77,30 persen. Kemudian Bahasa Inggris 64,76 persen, lalu Matematika 45,27 persen, dan terakhir IPA 47,11 persen.

Ia berharap, proses scanning LJK tersebut dapat rampung pada 20 Mei mendatang. Sehingga pengumuman kelulusan dapat serentak dilakukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota di Sumsel.

Teks      : Aminuddin

Editor  : Dicky Wahyudi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *